Langsung ke konten utama

BERTEMU PAK ERWIN (catatan perjalanan AS bagian 6)


Di dinas kemarin, bagian yang menurut saya penting, selain membuat resume diskusi dengan bank sentral dan ekonom adalah sesi ngobrol dengan Bapak-bapak. Ini maksudnya bukan Bapak-bapak yang ketemu di jalan terus ngobrol-ngobrol ya. Kebetulan saya adalah satu-satunya perempuan di rombongan kunjungan kerja kali ini. Sejujurnya, saya sering sekali mempersiapkan obrolan dengan orang yang baru dikenal. Kalau saya bisa, biasanya kepo dulu orangnya seperti apa, latar belakangnya dari mana, supaya saya bisa menciptakan obrolan berbobot yang membuatnya tertarik. Bukannya mau fake, tapi menurut saya sayang sekali kalau kita bisa bertemu dengan orang hebat tetapi menyia-nyiakannya hanya dengan cheap talk seperti, “Pak, anaknya ada berapa?” atau “ohh anak Bapak tiga, ada yang sudah nikah?” atau “Bapak aslinya mana?” Enggak jarang juga sih saya bahas hal seperti itu, tetapi dalam rangka revolusi mental saya harus berubah (terJokowi 2017 hahaha).

Dalam perjalanan ini saya sangat terkesan dengan Pak Erwin, beliau adalah kepala Kantor perwakilan BI New York. Hal yang paling membuat saya kagum adalah, sudah pasti beliau pintar dan sangat banyak membaca. Tetapi di luar itu hal yang membuat saya amat sangat terkesima adalah bahwa beliau amat humble dan open minded. Dalam makan malam bersama rombongan kita tidak mungkin bisa ngobrol dengan semua orang, biasanya saya suka ngobrol dengan yang se-geng saja. Kalau dalam lingkup teman kantor, biasanya kita lebih suka diskusi dengan staf yang sepantaran, karena lebih nyaman dibanding ngobrol sama atasan. Beliau punya pendekatan lain, setiap sesi makan Pak Erwin memilih untuk mengganti teman ngobrol. Misalnya hari ini dengan saya dan Pak X, besoknya dengan Pak W dan Pak C, dst dst. Turns out, beliau jadi tahu setiap orang secara personal dan memberi inspirasi secara merata. 

Saya bisa bilang beliau open minded karena beberapa kali beliau menanggapi dengan dalam tanggapan saya atas topik obrolan kami. Hal itu jarang saya temui, coba saja bayangkan kalau sedang ngobrol dengan atasan yang usianya bahkan lebih tua dari ayah kita. Mungkin mereka berpikir kita anak kecil, mungkin tanggapan kita dianggap sepele, atau barangkali kita sudah terlalu siap untuk tidak digubris (miris banget haha). Saya juga sangat kagum ketika beliau beberapa kali melihat bahwa bisa jadi apa yang selama ini diyakini para senior di organisasi bukanlah yang paling benar, atau bisa saja hal yang selama ini dianggap bodoh sebetulnya lebih tepat buat institusi. Hal yang paling brilian buat saya adalah ketika beliau mengatakan bahwa sebuah organisasi kalau bisa jangan terlalu mau jadi hero untuk semua hal, harus fokus sama definisi fungi dari organisasi. Jangan bikin semuanya harus dikerjakan, kasihan pegawainya. Meski sederhana, menurut saya cara pandang beliau sangat realistis dan cerdas.

Orang-orang seperti Pak Erwin inilah yang menurut saya menjadi nilai tambah lain dalam sebuah perjalanan dinas. Hal baru yang saya ambil darinya adalah untuk tidak selalu merasa paling benar dan sudah melakukan yang terbaik. Sekarang saya jadi selalu berpikir atau men-challenge banyak hal yang saya rasa sudah tepat dan berpikir bagaimana kalau pendapat lain yang benar. Tentunya masih dalam koridornya, karena kalau terlalu banyak pertimbangan kapan kita berani melangkah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari-hari Menjadi Ibu

Hampir tujuh tahun menjadi ibu, sekarang jadi sadar bahwa perjuangan dan perjalanan yang luar biasa itu bukan sekedar jargon atau ungkapan klise. Di dua sampai tiga tahun pertama merasakan mengurus bayi hingga batita membuat aku sadar tentang: 1. Hal yang biasa terlihat mudah, ternyata luar biasa menantang Sebut saja, menyusui, menyuapi anak sampai bisa makan sesuai porsi, tetap tenang ketika mereka sakit, atau tidak menangis ketika ASI yang baru kita perah tumpah. Hal-hal tersebut tidak pernah terpikir akan menantang ketika aku belum merasakan sendiri. 2. Ibu merespon apa yang dia dengar dan dia baca dengan cara berbeda Aku akan terima saja kalau dibilang baper, tetapi memang setelah melewati banyak proses rasanya jadi ibu membuatku lebih thoughtful dalam berucap dan menulis. Karena ibu merasakan apa yang ia dengar dan ia baca dengan mendalam, sambil memutar kembali rekaman peristiwa yang ia alami. Hal ini tidak remeh, karena mengasah empati. Suatu skill yang penting dimiliki seseor

Dalam Upacara Perpisahanku

Malam itu puluhan orang berkumpul, di ruang yang tak punya tembok, atap, lantai, maupun jendela Mereka tidak masuk lewat pintu, tetapi dari sesuatu bernama tautan   Sambutan demi sambutan, cerita indah hingga sedih, saut menyaut Ingin rasanya aku menanggapi tiap kisah yang mereka lontarkan Misalnya, ketika ada yang bilang aku orang yang tegar -- padahal tidak jarang aku mengeluh dan menangis diam-diam Atau.. Ketika ada yang mengatakan masih punya utang janji padaku, rasanya ingin kutagih tunai malam itu juga   Tapi apa, aku tak ada..  Di daftar nama peserta itu, namaku tak nampak Di layar itu, fotoku tak terlihat Ternyata begini rasanya bisa menyembunyikan tawa dan tangis tanpa harus menutup  microphone  atau kamera -- yang biasa aku lakukan beberapa bulan ini, setiap hari   Dalam upacara tersebut, tidak ada lagi kesal.. Tak ada lagi benci.. Tuntas sudah yang belum selesai Yang ada hanya rasa sayang, rasa syukur aku pernah bertemu mereka dan mencipta banyak kisah indah, unik, atau mela

Jalan Kesana

Kata mama saya, sejak dulu anaknya ini terobsesi dengan Inggris. Asumsi yang didasari oleh hobi masa kecil saya mengumpulkan post card gratisan dari majalah Bobo. Salah satu favorit saya waktu itu yang bergambar Princess Diana. Gak paham lagi, dia anggun banget dan berjiwa sosial, super ngefans! Waktu kecil belum paham tentang skandal percintaannya, jadi tiada celah baginya wkwk. Lalu suatu hari saya pasang post card tersebut di album foto, di sebelah gambar saya lagi tiup lilin ulang tahun ke-5. Kayaknya random aja waktu itu, bukan ala ala sikap yang penting untuk dikenang bertahun-tahun kemudian. Saya sendiri lupa sama sekali kejadian itu. Dan ingin ke London karena entah kenapa saya penasaran sama Inggris, belum pernah kesana, dan negara itu tampak sangat unik. Banyak musikus yang karyanya saya nikmati berasal dari Inggris, seperti The Beatles, Elton John, Sting, Coldplay. Saya selalu yakin nuansa sebuah kota berpengaruh terhadap jiwa seni warganya, semacam Jogja atau Ba